Sabtu, 09 Oktober 2010

Tools Pendukung Pemrograman J2ME (Wireless and Mobile Computing)

Pada posting sebelumnya, saya sudah memberikan link download untuk materi kuliah pemrograman J2ME atau dalam kuliah dikenal dengan Wireless and Mobile Computing. Nah, untuk melengkapi proses kegiatan belajar mengajar baik di kampus maupun belajar mandiri (di rumah), saya akan memberikan beberapa tools penting untuk mendukung pemrograman J2ME ini. Sebetulnya, kita sudah mengenal beberapa tools ini pada saat kuliah Pemrograman 2 (Java), yaitu Java Development Kit (JDK) dan tools editornya JCreator. Mungkin ada diantara teman-teman yang masih menggunakan versi lama dari JDK, maka dari itu saya menyarankan untuk meng-update atau download kembali JDK versi terbaru dari situs Sun Microsystem secara manual atau update secara otomatis dari control panel (membutuhkan koneksi internet).
Lebih lengkapnya, klik read more.
Selain JDK, tools lain yang harus diinstal untuk pemrograman J2ME ini adalah Wireless Tool Kit (WTK). WTK adalah suatu mesin aplikasi virtual yang membantu kita untuk membuat suatu program dalam platform handphone yang mendukung J2ME. Berikut ini adalah link untuk men-download ketiga tools yang diperlukan.

Cara instal ketiga tools ini sangatlah mudah. Anda hanya perlu klik next-next saja seperti biasanya. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah ketika anda diminta untuk memilih atau menunjukkan folder instalasi JDK pada saat meng-instal WTK agar perlu diperhatikan dan diteliti path folder instalasinya. Baik, sekian saja dulu kesempatan posting kali ini. Semoga dapat membantu para pembaca sekalian. Terimakasih.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Seperti biasa... yang males download minta aja langsung ke saya waktu jam-jam kuliah atau tulis e-mail kalian di komentar ini. Terimakasih.